Bagi sebagian orang, khususnya para pemula komputer aktifitas mengetik adalah sebuah pekerjaan yang sangat menyebalkan, pasalnya untuk mengetik puluhan kata saja dibuthkan waktu selama 1 menit. Bayangkan saja jika ada tugas yang mengharuskan mereka mengetik sebanyak ribuan kata ? pastinya akan sangat menyita banyak waktu mereka bukan ? nah, melihat masalah tersebut, hati nurani saya tergugah untuk membantu teman-teman saya yang masih awam dan ingin belajar mengetik dengan cepat.
Sebenarnya 'bagaimana cara mengetik 10 jari yang baik dan benar, agar kita bisa mengetik dengan cepat ?' jika Anda menanyakan pertanyaan tersebut ke para pakar komputer atau para penyedia jasa pengetikkan maka jawaban mereka akan sama, yaitu dengan menggunakan teknik 10 jari. Sesuai namanya, mengetik 10 jari adalah sebuah teknik mengetik dengan menggunakan kesepuluh jari jemari kita. Jadi mulai dari jari kelingking, manis, tengah, telunjuk dan ibu jari semuanya akan bekerja untuk mengetik.

Untuk Anda yang masih bingung seperti apa Cara Mengetik 10 Jari itu, silahkan perhatikan gambar dibawah ini, saya jamin Anda akan mempunyai sedikit gambaran.

Cara Mengetik 10 Jari

Inti dari mengetik 10 jari adalah meggunakan seluruh jari jemari kita untuk mengetik. Dan sejauh yang saya tahu ada dua versi cara mengetik 10 jari :

  • Versi 1 : Menggunakan dua buah jempol untuk menekan tombol Space
  • Versi 2 : Hanya menggunakan jempol tangan kiri untuk menekan tombol Space

Jujur saya sendiri lebih suka dengan cara atau versi 1, karena jika menggunakan versi kedua, keyboard saya kurang cocok, dan jari jemari yang ada di tangan kanan terlalu jauh untuk menekan huruf J dan kawan-kawannya.

Untuk mengetahui Lebih jelas mengenai cara mengetik 10 jari versi 1 dan versi 2, bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini, dan jika kurang jelas silahkan lihat tabel saja.

Cara Mengetik 10 Jari Versi 1


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, pada versi 1 kita akan meletakkan kedua jempol pada tombol spasi, bukan ditekan secara bersamaan melaikan menggunakan salah salah satu jempol saja, bisa jempol tangan kiri atau jempol tangan kanan. Versi pertama ini juga sangat cocok untuk Anda yang mempunyai keyboard seperti yang gunakan, karena dengan menyatukan dua jempol di satu tombol yaitu tombol spasi, maka secara tidak langsung kedua tangan kita akan merapat dan akan memudahkan kita menjangkau seluruh tombol.

Cara Mengetik 10 Jari Versi 1

Dalam keadaan standby (bersiap) letakkan jari telunjuk kiri ke tombol atau huruf F lalu telunjuk kanan ke huruf J. Saya yakin Anda akan merasakan seperti ada tonjolan bukan di kedua huruf ini ? yap, itulah salah satu fungsinya.

Sementara untuk jari kelingking, meskipun di gambar telihat diwajibkan untuk menekan banyak sekali tombol, namun justru tombol kelingking lah yang jarang sekali bekerja, karena sebenarnya tombol-tombol tersebut jarang sekali digunakan, sebutt saja tombol tanda kutip, yang bisa dibilang sangat jarang sekali ada dalam sebuah kalimat.

Agar Anda lebih jelas memahami cara mengetik 10 jari versi 1 ini, saya sertakan pula tabel yang akan membahas tugas dari masing-masing jari Anda dalam mengetik nantinya.

Cara Mengetik 10 Jari versi 1
Tangan KiriTangan Kanan
Jari Kelingking untuk menekan huruf A,Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, CapsLockJari Kelingking untuk menekan huruf P, tanda titik koma dan tanda Slash
Jari Manis untuk menekan huruf W, S, Xdan Angka 2Jari Manis untuk menekan huruf L, O tanda titik dan angka 9
Jari Tengah untuk menekan huruf Huruf E,D, C dan Angka 3Jari Tengah untuk menekan huruf I, K,tanda koma dan Angka 8
Jari Telunjuk untuk menekan huruf R, F,T, V, G, B, Y dan Angka 4, 5, 6Jari Telunjuk untuk menekan huruf Y, U, H, J, B, N, M dan Angka 6, 7
Ibu jari atau Jempol untuk untuk menekantombol Space dan AltIbu jari atau Jempol untuk untuk menekan tombol Space dan Alt

Cara Mengetik 10 Jari Versi 2


Berbeda dengan versi 1, dimana di versi 2 ini lebih cocok untuk pengguna keyboard lebar atau keyboard yang tiap tombolnya memiliki bidang luas, dimana ini nantinya tentunya akan membuat pergerakan kita menjadi lebih bebas dalam menenkan seluruh tombol. Kunci dari cara mengetik 10 jari pada versi ini adalah terletak pada kedua jempol kita, untuk jari yang lain kurang lebih sama.

Cara Mengetik 10 Jari Versi 2

Di versi yang kedua ini, hanya jempol jari kiri sajalah yang bertugas untuk menekan tombol spasi, sementar untuk jempol jari kanan akan menekan tombol Alt.

Menugaskan jempol tangan kanan untuk menekan tombol Alt sebenarnya bukan tanpa alasa, karena untuk keyboard yang mempunyai dimensi lebar, memang faktanya lebih mudah menekan Alt dengan jari jempol kanan ketimbang menggunakan jari kelingking.

Selain itu, yang unik dari versi kedua ini adalah tugas dari jari telunjuk untuk menekan banyak tombol diantaranya adalah Tombol R, F, V, T, G, B, 4, 5, 6 dan satu lagi huruf C. Penugasan ini tentunya didasarkan oleh satu hal yaitu karena jari telunjuk adalah jari yang fleksibel, artinya jari telunjuk (baik tangan kiri atau kanan) keduanya mampu menekan tombol yang jaraknya cukup jauh dari jangkaunnya, mungkin in disebabkan karena letak dari telunjunk itu yang ideal.

Lebih jelas mengenai cara mengetik 10 jari versi kedua ini bisa Anda lihat dalam tabel dibawah ini, mengenai tombol mana saja yang harus ditekan oleh masing-masing jari.

Cara Mengetik 10 Jari versi 2
Tangan KiriTangan Kanan
Jari Kelingking untuk menekan huruf Q,A, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, CapsLock, ControlJari Kelingking untuk menekan huruf P, tanda Titik Koma, Slash, Backspacedan Enter
Jari Manis untuk menekan huruf W, S, X,Angka 2 dan AltJari Manis untuk menekan huruf L, O, tanda Titik dan tombol Windows
Jari Tengah untuk menekan huruf Huruf E,D dan Angka 3Jari Tengah untuk menekan huruf I, K, tanda koma dan Angka 8 dan 9
Jari Telunjuk untuk menekan huruf R, F,T, V, G, B, Y dan Angka 4, 5Jari Telunjuk untuk menekan huruf Y, U, H, J, B, N, M dan Angka 6, 7
Ibu jari atau Jempol untuk untuk menekantombol Space dan AltIbu jari atau Jempol untuk untuk menekan tombol Alt

Cara Mengetik 10 Jari yang saya bagikan diatas, keduanya sudah saya coba terhitung sejak bulang agustus tepatnya tanggal 27 atau bisa dibilang sudah hampir 10 Hari saya mencoba kedua teknik diatas, dan hasilnya akhir yang saya dapat adalah versi pertama lah menurut saya yang paling nyaman, namun saya tidak mengatakan cara mengetik 10 jari versi 1 lebih baik dari versi 2, tidak sama sekali tidak seperti itu, karena saya yakin keduanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Jika saya boleh menyimpulkan, bahwa inti dari Cara Mengetik 10 Jari adalah mau untuk terus berlatih dan yang terpenting adalah konsisten, jadi ini bukan tentang teknik, melainkan tentang keahlian, dan keahlian tidak bisa hanya kita pelajari melalui teori, melainkan harus praktek secara terus menerus.

Cara Mengetik 10 Jari diatas, dijamin akan membuat Anda Mahir mengetik Dalam 10 Hari dengan catatan -seperti yang saya katakan diatas- mau dan bersedia untuk rajin berlatih selama 10 hari nonstop. Dan untuk melatihnya Anda bisa mengunjungi situs online yang akan memberikan Anda sebuah tantangan untuk mengetikkan sebuah kalimat yang muncul secara acak, situs yang saya maksud adalah 10 Fast Fingers yang bisa Anda akses melalui link berikut ini http://10fastfingers.com/typing-test/indonesian.

Hasil Test Mengetik 10 Jari

Sedikit penjelasan tentang situs tes mengetik tersebut, dimana nantinya Anda akan diberi waktu selama 1 menit untuk menuliskan sebuah kata yang susunannya teracak, dan jika Anda berhasil mengetik 100 kata dalam 1 menit, itu artinya Anda akan menjadi salah satu manusia dengan kecepatan mengetik tercepat di Indonesia. Satu hal yang perlu dicatat jika Anda ingin mengetik dengan cepat adalah posisikan tubuh Anda 90 derajat, jadi pastikan badan atau posisi duduk Anda dalam keadaan tegap saat mengetik.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Mahir Mengetik 10 Jari Dalam 10 Hari
Ditulis Oleh Unknown
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Mahir Mengetik 10 Jari Dalam 10 Hari ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya dan silahkan berkomentar apa bila ada yang ingin disampaikan

0 komentar:

Post a Comment

 
Top